Selasa, 07 Februari 2006

"iranai" tte

"kore iranai"...
kata-kata yang paling aku sebutin waktu belanja..
barusan lagi baca2 link untuk repoto 現代社会と環境.
kebetulan tema yang aku ambil itu tentang green consumer..
yaitu konsumen yang peduli lingkungan?
3R motto yang paling sering disebut-sebut kalau sudah berbicara tentang lingkungan..
tapi di link yang barusan aku baca dia menyebut 4R sebagai point penting yang bisa mendukung tetap terjaganya lingkungan.
3R (reduce, reuse, recycle) 4R (+refuse) yang bahasa jepangnya iranai..
disebutkan disitu 要らないと言う勇気を持つことが重要じゃないかと思います。”adalah penting jika kita bisa mempunyai perasaan menolak"(aduh kok bhs indonesianya aneh gini sih)
pokoknya yang dimaksudkan disini adalah menolak atas barang-barang yang tidak penting, untuk mengurangi jumlah sampah, dan juga mungkin bisa dimaksudkan menolak untuk membeli barang2 yang tidak ramah lingkungan..

balik lagi dengan kata-kata aku yang diatas..
kalo aku ngucapin kata-kata itu bukan berarti karena aku berniat ingin mengurangi jumlah sampah ataupun menolak barang-barang yang tidak ramah lingkungan.
kata-kata "iranai" diucapkan supaya mengurangi pengeluaran..:)
kadang memang terasa bedanya..
waktu belanja dah ambil macam-macam barang..trus pas dilihat kedalam keranjang udah penuh..
langsung deh ku keluarkan kata-kata iranai itu..
alhasil bisa2 tinggal 2 atau 3barang aja yang tersisa..huehue..
karena mmg banyaknya yang iranai..
perlupun..gak mendesak kali keperluannya..
bagi aku bener deh..kata-kata "iranai" itu lumayan ampuh..
buat mencegah aku belanja lebih banyak..
secara gak langsung bisa ikut mengurangi jumlah sampah bukan?
walau untuk beli barang ramah lingkungan..masih susah..soalnya sampai sekarang pilihan selalu dijatuhkan pada barang-barang yang murah..

tapi kadang pernah juga sih keblablasan :)
walaupun dah berulang kali ngucapin kata "iranai"..tetap aja keinginan untuk membeli itu tetap ada.
klo udah gitu shoganai desho..(heuhue..dasar)
biasanya selalu disertai dengan alasan2 yang mendukung lainnya..
biar gak nyesal belinya..
ex: waktu beli tas kemaren..dah bolak-balik keliling ESPA tetap aja pengen beli..dalihnya waktu tu.."kan selama disini gak pernah beli tas"..ii wake da ne..kekkyouku kacchatta..
sekali-kali gak papa lha ya..

2 komentar:

Anonim mengatakan...

sip sip sip sip....
boleh juga...
klo aku selama ini pake jurus "mumpung"
mumpung abis dapet beasiswa,mumpung abis gajian,pokoknya mumpung masih bisa beli...
walhasil...
kayak saringan deh keunagan kita..
masuknya deras,kluarnya deras juga...

Ya mengatakan...

boleh juga kata2 mumpung itu..
"mumpung diskon"..hhuehue..

eXTReMe Tracker